Sabtu, 03 Maret 2012

(Press Released) LOKAKARYA KELEMBAGAAN FMIPA IPB

Peserta Lokakarya LK FMIPA 2012

Mensinergiskan lembaga kemahasiswaan yang kompeten dan profesional merupakan solusi dalam menumbuhkan jiwa profesional, kreatif dan inovatif. Dalam hal ini tentu fungsi dan peran lembaga kemahasiswaan tidak terlepas dari peran aktif mahasiswa. Mahasiswa sebagai subjek dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan pihak institusi sebagai salah satu penunjang fasilitas. Oleh karena itulah diperlukan wadah dalam mensinergiskan hal tersebut yaitu Lokakarya Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA IPB).
Lokakarya Kelembagaan FMIPA di laksanakan pada hari Minggu, 26 Februari 2012 pukul 07.30-16.00 Wib dengan pembicara Drh. Hj. Sulistyani, M.Sc, Ph.D (Sekretaris fakultas MIPA) dan moderatornya Kak Fauziah Nur (GFM 46) menambah semarak pelaksanaan lokakarya FMIPA kali ini. Oia, perlu teman-teman ketahui, lokakarya kali ini adalah lokakarya yang pertama kalinya di buka untuk umum loh!! *Wah, serunya!! Kita bisa tanya jawab langsung dan sharing dengan pihak dekanat terkait permasalahan fasilitas dan akademik yang ada. Akan tetapi sebelum acara lokakarya di adakanlah rangkaian acara pralokakarya yang berlangsung dari tanggal 19 Februari hingga 24 Februari 2012. Lokakarya FMIPA merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang berupa sosialisasi program kerja, peraturan-peraturan, administrasi dan keuangan serta kesepakatan bersama antar lembaga kemahasiswaan di FMIPA yang diselenggarakan oleh DPM FMIPA IPB dan digunakan sebagai salah satu wadah untuk membahas mengenai pendistribusian dana kemahasiswaan yang transparan, sarana dan prasarana di FMIPA IPB yang lebih baik. Sehingga dapat terbangun kerjasama yang harmonis antar Lembaga Kemahsiswaan FMIPA dan juga terbentuknya kesepakatan atas peraturan-peraturan mengenai lembaga kemahasiswaan dan alokasi dana untuk setiap  kelembagaan di FMIPA.  Kerjasama tersebut terkait dengan administrasi, keuangan serta pelayanan terhadap mahasiswa. Pada lokakarya FMIPA ini ada penyampaian grand design LK FMIPA, presentasi LK, Seminar dan talk show dengan pihak dekanat tentang POKJA serta adanya tanya jawab dengan mahasiswa umum FMIPA, selain itu juga terkait dengan acara pralokakarya yang telah dilakukan berupa sosialisasi oleh ketua DPM FMIPA atau pansus maka ada beberapa forum yang di adakan sebelum pralokakarya, berikut ini adalah forumnya ;
1.      Forum SPPK dan SOP Controlling BEM.
Forum SPPK dan SOP Controlling BEM dihadiri oleh perwakilan dari komisi I, II, III serta ketua departemen BEM FMIPA. PJ Forum SPPK dan SOP Controlling BEM yaitu Faisal Rahman (Ketua Komisi II DPM FMIPA)
2.      Forum SPPK Badan Pengawas Himpro.
Forum SPPK Badan pengawas himpro ini diikuti oleh komisi IV dan perwakilan dari setiap badan pengawas himpro serta  perwakilan dari setiap himpro di FMIPA IPB. Penanggung jawab dari forum SPPK Badan Pengawas Himpro adalah Kak Vendi ( ketua komisi IV)
3.      Forum Administrasi.
Forum administrasi ini diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM FMIPA, dan Himpro. Peserta diwakili oleh sekretaris dari tiap lembaga kemahasiswaan mencakup sekretaris komisi dan sekretaris dari setiap LK FMIPA. Forum ini membahas mengenai segala hal yang terkait dengan tata aturan administrasi yang ada di LK FMIPA. Penanggung jawab dari forum administrasi ini adalah Mba Eka ( Sekretaris Umum Eksternal DPM FMIPA)
4.      Forum Keuangan.
Forum keuangan ini diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM FMIPA, dan himpro peserta diwakili oleh bendahara dari tiap lembaga kemahasiswaan mencakup bendahara komisi dan bendahara dari setiap LK FMIPA. Forum ini membahas mengenai segala hal yang terkait dengan segala tata aturan keuangan yang ada di LK FMIPA.Sehingga pendistribusian dana kemahasiswaan menjadi lebih transparan. Penanggung jawab forum keuangan adalah Kak Surya (Bendahara Umum Eksternal DPM FMIPA)
5.      Forum kode etik dan tata tertib SC serta grand design.
Forum kode etik dan tata tertib SC diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM, Himpro, dan Badan Pengawas Himpro. Peserta diwakili oleh ketua dari setiap lembaga kemahasiswaan dan Badan Pengawas Himpro. Forum ini membahas mengenai kode etik dan tata tertib SC FMIPA demi kenyamanan dan kerapihan penggunaan SC FMIPA oleh seluruh civitas akademika FMIPA. Penanggung jawabnya adalah Kak Dimas Arifin (Ketua DPM FMIPA IPB)
6.      POKJA (Pojok Jaring Aspirasi).
Pokja (pojok jaring aspirasi) ini berbentuk Forum komti yang di ikuti oleh seluruh pengurus kelas serta rohis kelas yang membahas mengenai segala macam isu-isu yang terkait dengan :
a.       Akademik (SK menteri tentang syarat kelulusan, peraturan DO, beasiswa, dll)
b.      Fasilitas (mushola, ruang kelas, kantin FMIPA, SC FMIPA dll)

Sebelum acara POKJA dilaksanakan, maka dilakukanlah penjaringan aspirasi melalui ‘Goresan aspirasi’ yang telah disebar di kelas-kelas. Kemudian dibahas pada POKJA untuk di cari solusi dan rekomendasinya. Kemudian aspirasi dari seluruh mahasiswa FMIPA ini akan di advokasikan oleh BEM G yang diwakili oleh ketua adkesmah FMIPA yaitu Kak Yunan untuk dibawa ke pihak dekanat dan ditindak lanjuti. Penanggung jawab POKJA yaitu Bonno,  Ridho dan kak Adit.
Aspirasi yang ada tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yaitu meliputi ; toilet, kebersihan, musholla dan nilai. Serum G akan menjadi pengelola mushola FMIPA yang baru. Nilai mutu sekarang ada : A, AB, B, BC, D dan E. Di beberapa kelas ada nilai yang tidak ada rentang mutu AB-BC. Itu merupakan hak prerogatif dosen. Maka pada saat awal kuliah boleh melakukan negosiasi. Untuk biaya registrasi praktikum tidak di izinkan. Cek apa fungsinya, jika untuk menggantikan uang foto copy maka coba hubungi PJ mata kuliah.
Mengenai permasalahan fasilitas di kelas masih menunggu follow up dari faspro, karena setiap dosen datang, maka proyektor, kursi, meja dll dinilai oleh dosen (menunggu dana-red). Fasilitas IPB (Urutan 5 terbaik) ternyata lebih unggul dari pada fasilitas yang lain. Terkait dengan masalah kebersihan  karena banyak tempat sampah yang hilang dikarenakan di ambil oleh pemulung maka akan di buat tempat sampah permanen. Proposal pembuatan tempat sampah permanen ini sedang di gojlok oleh soslingmas. Tapi tempat sampah permanennya mau diletakkan dimana ya? Adakah yang mau memberi ide terkait lokasi tempat sampah permanennya? Oia, jangan lupa sertakan alasannya apa ya? Kemudian kirim ke email soslingmas FMIPA.
Untuk masalah air di musholla FMIPA, maka akan dibeli tower yang baru. Akan tetapi jika airnya masih kurang, Maka segera hubungi BEM FMIPA ya.. Oia, tahukah teman-teman? Lampu mushola baru FMIPA hilang. Ternyata manfaat mahasiswa bagi masyarakat masih kurang ya.. Mari semangat melakukan pengabdian masyarakat!!
FMIPA.. Jaya!!!
Di akhir talk show, kak Zia meminta ibu Sulis (pembicara-red) untuk memberikan closing statement, tapi tahukah teman-teman? Sang sekretaris fakultas ini malah mau memberikan open statement. Kontan saja semua orang bingung.. hhoho.. ternyata ada titipin dari pihak dekanat berupa sepasang suplikat kunci WC untuk kita.. Yuhhu.. Hore!! Hhehe.. Mushola akan di urus langsung oleh SERUM G. Akan tetapi penjagaan dan pengawasannya adalah tanggung jawab kita bersama. Toilet yang lokasinya di lab Kimia dibuka pukul 07.00-17.00 Wib loh!!! Terus juga toilet di Pojok MIPA dibuka pukul 07.00-21.30 Wib. Jadi, Kita sudah mendapat kepercayaan dari dekanat karena kita sudah mendapat duplikat kunci WC. Oleh karena itu mari saling menjaga kepercayaan dan fasilitas yang sudah diberikan ya.. tentunya agar kesejahteraan mahasiswa FMIPA bisa terjaga. Harapannya semua fasilitas yang kita punya harus dapat kita jaga dengan baik ya.. Ingat, jangan sampai mengecewakan siapa pun juga. Apalagi mengecewakan pihak dekanat yang telah berbaik hati memberikan fasilitas itu untuk kita semua.. Jangan mengecewakan ya.. Ayo Semangat menjaga!! Ini adalah tanggung jawab kita bersama  HIDUP MAHASISWA!! FMIPA JAYA!!!

*Foto-foto lokakarya kelembagaan FMIPA (26 Februari 2012)

Panitia Lokakarya LK FMIPA IPB 2012
Penyampaian Aturan Sekretariat Bersama
Transparansi Pendanaan LK FMIPA 2012
Penyampaian SOP Controlling & SPPK BEM
Evaluasi Pelaksanaan Lokakarla LK FMIPA2012

MC Lokakarya
Penyerahan Sertifikat dan Bingkisan


Penandatanganan MoU LK FMIPA

Foto Bersama Ketua LK FMIPA 2012



Grand Design LK FMIPA 2012
Penyampaian SPPK HIMPRO


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India