|
Peserta Lokakarya LK FMIPA 2012 |
Mensinergiskan lembaga kemahasiswaan
yang kompeten dan profesional merupakan solusi dalam menumbuhkan jiwa
profesional, kreatif dan inovatif. Dalam hal ini tentu fungsi dan peran lembaga kemahasiswaan tidak terlepas
dari peran aktif mahasiswa. Mahasiswa sebagai subjek dalam berbagai kegiatan
kemahasiswaan dan pihak institusi sebagai salah satu penunjang fasilitas. Oleh karena itulah
diperlukan wadah dalam mensinergiskan hal tersebut yaitu Lokakarya Lembaga Kemahasiswaan Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA IPB).
Lokakarya
Kelembagaan FMIPA di laksanakan pada hari Minggu, 26 Februari 2012 pukul
07.30-16.00 Wib dengan pembicara Drh. Hj. Sulistyani, M.Sc, Ph.D (Sekretaris
fakultas MIPA) dan moderatornya Kak Fauziah Nur (GFM 46) menambah semarak
pelaksanaan lokakarya FMIPA kali ini. Oia, perlu teman-teman ketahui, lokakarya
kali ini adalah lokakarya yang pertama kalinya di buka untuk umum loh!! *Wah,
serunya!! Kita bisa tanya jawab langsung dan sharing dengan pihak dekanat terkait permasalahan fasilitas dan
akademik yang ada. Akan tetapi sebelum acara lokakarya di adakanlah rangkaian
acara pralokakarya yang berlangsung dari tanggal 19 Februari hingga 24 Februari
2012. Lokakarya FMIPA merupakan salah satu kegiatan rutin
tahunan yang
berupa sosialisasi program kerja,
peraturan-peraturan, administrasi dan keuangan serta kesepakatan bersama antar
lembaga kemahasiswaan di FMIPA yang
diselenggarakan oleh DPM FMIPA IPB dan digunakan sebagai salah satu wadah untuk membahas mengenai pendistribusian dana kemahasiswaan yang transparan,
sarana dan prasarana di FMIPA IPB yang lebih baik. Sehingga dapat terbangun kerjasama yang harmonis antar Lembaga Kemahsiswaan FMIPA dan juga
terbentuknya kesepakatan atas peraturan-peraturan mengenai lembaga
kemahasiswaan dan alokasi dana untuk setiap
kelembagaan di FMIPA. Kerjasama tersebut terkait dengan administrasi, keuangan
serta pelayanan terhadap mahasiswa. Pada lokakarya FMIPA
ini ada penyampaian grand
design LK FMIPA, presentasi LK, Seminar dan talk show dengan pihak dekanat tentang
POKJA serta adanya tanya jawab dengan mahasiswa umum FMIPA, selain itu juga terkait dengan acara pralokakarya yang telah dilakukan
berupa sosialisasi
oleh ketua DPM FMIPA atau pansus maka ada beberapa
forum yang di adakan sebelum pralokakarya, berikut ini adalah forumnya ;
1. Forum SPPK dan
SOP Controlling BEM.
Forum SPPK dan
SOP Controlling BEM dihadiri oleh perwakilan dari komisi I, II, III serta
ketua departemen BEM FMIPA. PJ Forum SPPK dan SOP Controlling BEM yaitu Faisal
Rahman (Ketua Komisi II DPM FMIPA)
2. Forum SPPK Badan
Pengawas Himpro.
Forum SPPK Badan pengawas himpro ini diikuti oleh komisi IV dan
perwakilan dari setiap badan pengawas himpro serta perwakilan dari setiap himpro
di FMIPA IPB. Penanggung jawab dari forum SPPK Badan Pengawas Himpro adalah Kak Vendi ( ketua komisi IV)
3. Forum
Administrasi.
Forum
administrasi ini diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM FMIPA, dan Himpro.
Peserta diwakili oleh sekretaris dari tiap lembaga kemahasiswaan mencakup
sekretaris komisi dan sekretaris dari setiap LK FMIPA. Forum ini membahas
mengenai segala hal yang terkait dengan tata aturan administrasi yang ada di LK
FMIPA. Penanggung jawab dari forum administrasi ini adalah Mba Eka ( Sekretaris Umum Eksternal DPM FMIPA)
4. Forum Keuangan.
Forum keuangan
ini diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM FMIPA, dan himpro peserta diwakili
oleh bendahara dari tiap lembaga kemahasiswaan mencakup bendahara komisi dan
bendahara dari setiap LK FMIPA. Forum ini
membahas mengenai segala hal yang terkait dengan segala tata aturan keuangan
yang ada di LK FMIPA.Sehingga pendistribusian
dana
kemahasiswaan menjadi lebih transparan. Penanggung jawab forum keuangan adalah Kak Surya (Bendahara Umum Eksternal DPM FMIPA)
5. Forum kode etik
dan tata tertib SC serta grand design.
Forum kode etik
dan tata tertib SC diikuti oleh BEM FMIPA, SERUM-G, DPM, Himpro, dan Badan
Pengawas Himpro. Peserta diwakili oleh ketua dari setiap lembaga kemahasiswaan
dan Badan Pengawas Himpro. Forum ini membahas mengenai kode etik dan tata
tertib SC FMIPA demi kenyamanan dan kerapihan penggunaan SC FMIPA oleh seluruh
civitas akademika FMIPA. Penanggung jawabnya adalah Kak Dimas Arifin (Ketua DPM FMIPA IPB)
6.
POKJA
(Pojok Jaring Aspirasi).
Pokja (pojok
jaring aspirasi) ini berbentuk Forum komti yang di ikuti oleh seluruh pengurus
kelas serta rohis kelas yang membahas mengenai segala macam isu-isu yang
terkait dengan :
a.
Akademik
(SK menteri tentang syarat kelulusan, peraturan DO, beasiswa, dll)
b.
Fasilitas
(mushola, ruang kelas, kantin FMIPA, SC FMIPA dll)
Sebelum acara POKJA dilaksanakan, maka dilakukanlah
penjaringan aspirasi melalui ‘Goresan aspirasi’ yang telah disebar di
kelas-kelas. Kemudian dibahas pada POKJA untuk di cari solusi dan
rekomendasinya. Kemudian aspirasi dari seluruh mahasiswa FMIPA ini akan di
advokasikan oleh BEM G yang diwakili oleh ketua adkesmah FMIPA yaitu Kak Yunan
untuk dibawa ke pihak dekanat dan ditindak lanjuti. Penanggung jawab POKJA yaitu Bonno, Ridho dan kak Adit.
Aspirasi yang ada tidak jauh
berbeda dengan tahun lalu yaitu meliputi ; toilet, kebersihan, musholla dan
nilai. Serum G akan menjadi pengelola mushola FMIPA yang baru. Nilai mutu
sekarang ada : A, AB, B, BC, D dan E. Di beberapa kelas ada nilai yang tidak
ada rentang mutu AB-BC. Itu merupakan hak prerogatif dosen. Maka pada saat awal
kuliah boleh melakukan negosiasi. Untuk biaya registrasi praktikum tidak di
izinkan. Cek apa fungsinya, jika untuk menggantikan uang foto copy maka coba
hubungi PJ mata kuliah.
Mengenai permasalahan fasilitas
di kelas masih menunggu follow up
dari faspro, karena setiap dosen datang, maka proyektor, kursi, meja dll
dinilai oleh dosen (menunggu dana-red). Fasilitas IPB (Urutan 5 terbaik)
ternyata lebih unggul dari pada fasilitas yang lain. Terkait dengan masalah kebersihan karena banyak tempat sampah yang hilang
dikarenakan di ambil oleh pemulung maka akan di buat tempat sampah permanen. Proposal
pembuatan tempat sampah permanen ini sedang di gojlok oleh soslingmas. Tapi
tempat sampah permanennya mau diletakkan dimana ya? Adakah yang mau memberi ide
terkait lokasi tempat sampah permanennya? Oia, jangan lupa sertakan alasannya
apa ya? Kemudian kirim ke email soslingmas FMIPA.
Untuk masalah air di musholla
FMIPA, maka akan dibeli tower yang baru. Akan tetapi jika airnya masih kurang,
Maka segera hubungi BEM FMIPA ya.. Oia, tahukah teman-teman? Lampu mushola baru
FMIPA hilang. Ternyata manfaat mahasiswa bagi masyarakat masih kurang ya.. Mari
semangat melakukan pengabdian masyarakat!!
FMIPA.. Jaya!!!
Di akhir talk show, kak Zia
meminta ibu Sulis (pembicara-red) untuk memberikan closing statement, tapi tahukah teman-teman? Sang sekretaris
fakultas ini malah mau memberikan open
statement. Kontan saja semua orang bingung.. hhoho.. ternyata ada titipin
dari pihak dekanat berupa sepasang suplikat kunci WC untuk kita.. Yuhhu..
Hore!! Hhehe.. Mushola akan di urus langsung oleh SERUM G. Akan tetapi
penjagaan dan pengawasannya adalah tanggung jawab kita bersama. Toilet yang
lokasinya di lab Kimia dibuka pukul 07.00-17.00 Wib loh!!! Terus juga toilet di
Pojok MIPA dibuka pukul 07.00-21.30 Wib. Jadi, Kita sudah mendapat kepercayaan
dari dekanat karena kita sudah mendapat duplikat kunci WC. Oleh karena itu mari
saling menjaga kepercayaan dan fasilitas yang sudah diberikan ya.. tentunya
agar kesejahteraan mahasiswa FMIPA bisa terjaga. Harapannya semua fasilitas yang kita punya harus dapat kita jaga dengan baik ya..
Ingat, jangan sampai mengecewakan siapa pun juga. Apalagi mengecewakan pihak
dekanat yang telah berbaik hati memberikan fasilitas itu untuk kita semua..
Jangan mengecewakan ya.. Ayo Semangat menjaga!! Ini adalah tanggung jawab kita
bersama HIDUP MAHASISWA!! FMIPA JAYA!!!
*Foto-foto lokakarya kelembagaan FMIPA (26 Februari 2012)
|
Panitia Lokakarya LK FMIPA IPB 2012 |
|
Penyampaian Aturan Sekretariat Bersama |